Pemkot Ambon Serahkan Hewan Kurban kepada 70 Penerima

oleh -626 Dilihat

MasarikuOnline.Com, Ambon – Dalam rangka mendukung perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah yang akan jatuh pada tanggal 17 Juni 2024, Pemerintah Kota Ambon menyelenggarakan kegiatan penyerahan hewan kurban. Acara yang diadakan di halaman Balai Kota, pada Sabtu (15/06/2024), yang dihadiri oleh berbagai tokoh masyarakat, termasuk Ketua MUI Kota Ambon, panitia kelompok penerima bantuan hewan kurban, serta sejumlah pejabat pemerintah.

Dalam laporan yang disampaikan oleh panitia, kegiatan ini bertujuan untuk memfasilitasi dan mendukung aktivitas keagamaan di Kota Ambon, sekaligus mengakomodir permohonan bantuan hewan kurban yang meningkat setiap tahunnya. Tercatat, hingga saat ini terdapat 90 proposal permohonan yang diterima oleh Pemerintah Kota Ambon.

Untuk tahun 2024, Pemerintah Kota Ambon mengalokasikan sebanyak 73 ekor hewan kurban, yang terdiri dari 38 ekor sapi dan 35 ekor kambing. Hewan-hewan kurban ini telah diperiksa oleh tenaga kesehatan hewan dari Dinas Pertanian Kota Ambon untuk memastikan kondisi kesehatannya serta kesesuaiannya dengan syariat Islam. Sebanyak 70 penerima dari berbagai kecamatan di Kota Ambon akan menerima hewan kurban tersebut.

Dalam sambutannya, Pejabat Walikota Ambon menyatakan kegembiraannya atas perayaan Idul Adha ini. “Ibadah kurban yang dilakukan kaum muslimin adalah bentuk ekspresi keimanan dan ketakwaan, ungkapan syukur, serta bentuk simpati dan empati kepada sesama manusia,” ujarnya. Ia menekankan bahwa ibadah kurban memiliki dimensi vertikal sebagai landasan iman dan takwa, serta dimensi horizontal sebagai bentuk nyata kepekaan dan kepedulian sosial.

Pejabat Walikota juga mengingatkan kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang mengajarkan pentingnya pengorbanan demi kemaslahatan bersama. “Sifat-sifat keserakahan yang mementingkan ego dan kepentingan pribadi harus dikorbankan sebagai wujud keimanan dan ketakwaan,” tambahnya.

Kegiatan pembagian hewan kurban ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian sosial dan mempererat hubungan antara Pemerintah Kota Ambon dan masyarakatnya, khususnya umat Islam. Pemerintah juga menghimbau agar panitia penyembelihan kurban dapat melaksanakan tugas dengan amanah, penuh tanggung jawab, serta menjaga kebersihan lingkungan. “Pastikan setiap kelompok masyarakat miskin, kaum duafa, dan para mustahik di lingkungan masing-masing lebih diutamakan dalam pembagiannya,” pesan Pejabat Walikota.

Acara ini menjadi salah satu bentuk perhatian dan partisipasi Pemerintah Kota Ambon dalam mendukung dan memfasilitasi kegiatan keagamaan, serta sebagai upaya untuk meneladani nilai-nilai pengorbanan dan keimanan guna mewujudkan masyarakat yang harmonis dan religius. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.