Tutup TMMD ke-120, Ini Pesan Pangdam Pattimura

oleh -961 Dilihat

MasarikuOnline.Com, Halut – Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Syafrial, PSC., M.Tr.(Han)., resmi menutup TMMD ke-120 Kodam XV/Pattimura, wilayah Kodim 1508/Tobelo di Desa Teru-Teru Kec. Loloda Utara Kab. Halmahera Utara, pada Jumat (7/6/2024).

Penutupan TMMD ini, digelar dengan pelaksanaan upacara sebagai penanda berakhirnya program TMMD ke-120 TA. 2024 dengan mengusung tema “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”.

Dalam sambutannya Pangdam mengatakan, TMMD adalah salah satu wujud Operasi Bakti TNI yang merupakan program terpadu Binter Sektoral antara TNI dengan lembaga pemerintah, non pemerintah dan pemerintah daerah, yang dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi pembangunan di daerah.

TMMD bertujuan untuk membantu pemerintah daerah, kabupaten/kota dalam percepatan pembangunan, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sasaran fisik maupun non-fisik dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat, dalam rangka menyiapkan ruang, alat dan kondisi juang yang tangguh.

“Mari kita jadikan penutupan TMMD ke-120 ini, sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kebersamaan dan gotong royong, serta kemanunggalan antara TNI dan rakyat dalam mengakselerasi pembangunan di daerah, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat”, ungkap Pangdam.

Pangdam juga mengapresiasi, selama kurang lebih satu bulan, sejak tanggal 8 Mei sampai dengan 7 Juni 2024, para prajurit TNI-Polri, komponen bangsa lainnya, Pemda dan masyarakat telah bekerjasama dan bahu-membahu membantu pelaksanaan TMMD ke-120.

“Berkat kolaborasi dan dukungan tersebut, kegiatan TMMD ke-120 ini, dapat terselenggara dengan baik, aman dan lancar”, tuturnya.

Untuk itu, pada kesempatan yang baik ini, Pangdam selaku Penanggung jawab Keberhasilan Operasional (PKO) TMMD mengucapkan, terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para prajurit TNI-Polri, Pemda dan masyarakat, serta semua unsur yang telah bekerjasama dan membantu pelaksanaan TMMD ke-120 ini.

Selain itu juga, dijelaskan Pangdam, TMMD ke120 TA. 2024 ini, dilaksanakan di dua tempat, yaitu wilayah Kodim 1506/Namlea dan wilayah Kodim 1508/Tobelo, telah menyelesaikan sasaran fisik berupa pembangunan dan perbaikan infrastruktur antara lain, Pembuatan Talud, Pembuatan jalan setapak, Pembuatan drainase, Pemasangan pipa saluran dan rehab satu unit bangunan sekolah.

Pencapaian sasaran fisik tersebut, kata Pangdam, juga diimbangi dengan pencapaian sasaran non-fisik berupa penyuluhan dan sosialisasi berbagai materi pengetahuan meliputi, wawasan kebangsaan, bela negara dan cinta tanah air, tanggap bencana, lingkungan hidup, pertanian, hukum dan Kamtibmas, bahaya miras dan narkoba, KB kesehatan, stunting, posyandu dan posbindu Pattimura, bahaya teroris dan radikal, keagamaan, peran orang tua terhadap pendidikan anak, perikanan dan kelautan, peternakan, kehutanan serta pelayanan kesehatan.

Selain sasaran fisik dan non-fisik, Pangdam menjelaskan, TMMD ke-120 ini juga, telah menyelesaikan beberapa program unggulan Kepala Staf Angkatan Darat yaitu, pembangunan tiga unit sumur bor di wilayah Kodim 1506/Namlea dan melaksanakan rehab satu unit rumah tidak layak huni (RTLH), pembangunan dua unit MCK, pipanisasi serta bantuan anak stunting di wilayah Kodim 1508/Tobelo.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Pangdam menekankan, agar terus memelihara semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI-Rakyat, jangan mudah terhasut dan terprovokasi, pelihara terus semangat gotong royong sebagai warisan budaya bangsa yang sudah terbina dengan baik selama ini, pelihara hasil program TMMD agar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dalam kurun waktu yang lama, lakukan evaluasi secara menyeluruh untuk dijadikan bahan perbaikan pada TMMD mendatang.

“Terima kasih telah menjaga nama baik TNI dengan mempedomani 8 wajib militer TNI, sehingga dapat mempererat dan memperkokoh kemanunggalan TNI dan rakyat yang telah terjalin selama ini.”, pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama, juga dilakukan penyerahan secara simbolis kunci RTLH kepada ibu Adrence warga desa Igo oleh Pangdam, 200 Paket sembako kepada perwakilan anak stunting oleh Ketua Persit KCK Daerah XV/Pattimura Ny. Shinta Syafrial, 200 paket alat tulis kepada perwakilan murid SD desa Teru-Teru oleh Bupati Haltim Bapak Ir. Frans Manery.

Pada pelaksanaan upacara penutupan TMMD ini, turut dihadiri Danrem 152/Baabullah Brigjen TNI Elkines Villando Dewangga K., M.AP., Aster Kasdam XV/Pattimura Kolonel Kav Suteja, S.H., M.Si., Kabekangdam XV/Pattimura Kolonel Cba Mustadir Abduh, S. Sos., M.Si., Dandim1508/Tobelo Letkol Inf Davit Sutrisno Sirait, S. E., Forkopimda Halut, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.