Polsek Selaru bersama Koramil Amankan Aksi Unjuk Rasa Masyarakat, Buntut Adanya Dugaan Kecurangan Pemilu

oleh -149 Dilihat

MasarikuOnline.Com, Saumlaki – Kepolisian Resor Kepulauan Tanimbar, Puluhan Personel Polsek Selaru bersama Koramil 1507-03/Selaru dikerahkan amankan aksi unjuk rasa oleh beberapa Masyarakat Desa Adaut terkait adanya dugaan kecurangan pada surat suara, Sabtu (24/02/24).

Pengamanan unjuk rasa oleh Polsek Selaru bersama Koramil ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Selaru Iptu S. I. SABARLELE dengan melibatkan Personel Sebanyak 20 Pers dan dibackup oleh Personel Koramil 1507-03/Selaru dengan melibatkan Personel TNI sebanyak 8 Pers, yang berlokasi di depan Kantor Camat Selaru, Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Aksi demo damai oleh beberapa Masyarakat di Desa Adaut ini kepada pihak Panwascam dan pihak PPK Kecamatan Selaru terkait adanya dugaan kecurangan surat suara dari TPS 13 dan TPS 14 dengan meminta dan menuntut agar dilaksanakannya Perhitungan Suara ulang (PSU).

Jumlah massa pendemo atau unjuk rasa yang hadir kurang lebih sebanyak 150 orang dengan rute yang dilalui meliputi start dari Kediaman Ketua pemuda Desa Adaut, melewati Jalan trans Desa Adaut, Perempatan Tikungan arah ke Pelabuhan hingga di depan Kantor Camat Selaru.

Setelah tiba di depan Kantor Camat, para Peserta aksi unjuk rasa pun langsung menyampaikan aspirasi di depan umum. setelah itu Perwakilan dari Aksi unjuk rasa kemudian langsung melakukan pertemuan serta koordinasi dengan Camat Selaru, Panwascam dan PPK Kecamatan Selaru.

Kegiatan unjuk rasa yang dimulai sejak Pukul 10.30 WIT ini pun berjalan dengan Aman kondusif dan berakhir pada Pukul 11.50 WIT. Setelah selesai menyampaikan aspirasi, para Peserta pendemo pun kembali ke kediaman masing-masing dengan tertib dan Aman.

Sementara itu, Kapolres Kepulauan Tanimbar AKBP UMAR WIJAYA, S.I.K., melalui Kapolsek Selaru Iptu S. I. SABARLELE mengatakan bahwa Fokus kita saat ini tentunya pada pengamanan dengan harapan Kamtibmas tetap kondusif dan stabilitas keamanan tetap terjaga. Namun tak luput Imbauan juga kami sampaikan agar massa tetap tenang dan menghindari segala bentuk tindakan anarkis yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain.

“Aksi yang dilakukan oleh para unjuk rasa tadi di lapangan, dengan tuntutan yang disampaikan terkait dengan seputar indikasi adanya kecurangan pemilu di beberapa TPS yang ada di Desa Adaut” Jelasnya saat dikonfirmasi oleh Media Humas.

Selain itu, Iptu S. I. SABARLELE juga mengatakan kepada seluruh Personelnya yang terlibat pengamanan untuk tetap bertindak persuasif, tidak terprovokasi serta mengedepankan negosiasi dan memberikan pelayanan dengan humanis.

Kendati meskipun aksi tersebut berjalan tertib dan Aman, dalam menyikapinya Kapolsek Selaru menegaskan bahwa pihaknya akan tetap siaga penuh dengan didukung oleh Koramil 1507-03/Selaru di Kantor Kecamatan Selaru, guna mengantisipasi segala bentuk potensi gangguan atau tindakan anarkis oleh beberapa massa tertentu yang mungkin bisa saja terjadi. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.