Perkuat Literasi Dan Inklusi Keuangan, OJK Maluku & Pemda KKT Mengukuhkan Tim PAKD

oleh -138 Dilihat

MasarikuOnline.Com, Saumlaki – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar bersama  Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Maluku telah mengukuhkan Tim  Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Kepulauan Tanimbar sebagai wujud komitmen untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui  akselerasi program literasi dan inklusi keuangan.

Pengukuhan TPAKD ini merupakan tindaklanjut dari Keputusan Bupati Kepulauan Tanimbar nomor 500-6-18-619-2024 tanggal 16 Februari 2024 tentang Pembentukan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar yang diwakili oleh Agus Songupnuan selaku Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar memimpin jalannya acara pengukuhan yang bertempat di Gedung Enus, Pendopo Bupati Kepulauan Tanimbar, pada Selasa (07/05/2024)

Kepala OJK Provinsi Maluku sebagai Pengarah TPAKD Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang diwakili oleh Novian Suhardi selaku Kepala Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, Pelindungan Konsumen dan Layanan Manajemen Strategis turut hadir menyaksikan dan memberikan arahan pada acara pengukuhan tersebut.

Acara pengukuhan dihadiri oleh seluruh anggota TPAKD Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang terdiri dari unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Instansi Vertikal, Pelaku Usaha Jasa Keuangan dan Perguruan Tinggi di Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Setelah acara pengukuhan dilaksanakan pengarah TPAKD Kabupaten Kepulauan Tanimbar, yaitu Kantor OJK Provinsi Maluku dan Bupati Kepulauan Tanimbar memberikan arahan dan sambutan kepada seluruh anggota TPAKD Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Novian dalam arahan dan sambutannya mewakili Kepala OJK Provinsi Maluku memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang telah ikut mendorong percepatan peningkatan inklusi keuangan melalui pembentukan TPAKD.

Novian menyampaikan bahwa TPAKD merupakan salah satu upaya strategis mendukung tercapainya pemenuhan target indeks inklusi keuangan sebesar 90% pada akhir tahun 2024 sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat.

Agus yang mewakili Penjabat Bupati Kepulauan Tanimbar dalam arahan dan sambutannya menyampaikan harapan kepada seluruh anggota TPAKD Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk berkolaborasi, bersinergi, dan bekerja dengan sungguh￾sungguh dalam mewujudkan program-program kerja TPAKD yang telah ditetapkan pada Rapat Pleno TPAKD.

Agus juga mengingatkan bahwa akses keuangan adalah hak dasar bagi seluruh masyarakat dan menjadi salah satu aspek penting dalam peningkatan taraf hidup masyarakat. Pembangunan perekonomian yang berpihak kepada masyarakat menengah ke bawah sangat diperlukan agar mereka dapat memperoleh akses terhadap produk dan jasa keuangan.

Agus pada akhir sambutan menekankan bahwa seluruh program kerja yang nantinya dijalankan harus memiliki dampak terhadap peningkatan kesejahteraan pada masyarakat di wilayah Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Beberapa program kerja yang telah disusun dan direncakan pelaksanaannya oleh TPAKD Kabupaten Kepulauan Tanimbar pada tahun 2024, antara lain Bussiness Matching melalui Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan Penguatan Kapasitas kepada pelaku usaha kecil, Program Satu Rekening Satu Pelajar (Kejar) bagi pelajar SD/SMP, Program Penyaluran Bantuan Non Tunai kepada Kelompok Masyarakat Rentan dan Berkebutuhan Khusus, serta Program Gerakan Belanja Non Tunai Pemerintah Daerah melalui Kartu Kredit Pemerintah. (**)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.