Penuh Semarak, SMKN 3 Ambon Gelar Pelepasan 359 Siswa-siswi Angkatan LVII Tahun 2023/2024

oleh -504 Dilihat

MasarikuOnline.Com, Ambon – SMKN 3 Ambon menggelar kegiatan Pelepasan 359 Siswa-siswi Angkatan LVII Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan mengusung tema “Endless Horizon, Menyambut Masa Depan Yang Luas Dengan Optimisme Dan Semangat”.

Kegiatan yang berlangsung di gedung Presisi Polda Maluku pada Selasa (21/05/2024) itu di hadiri oleh Kadis Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Maluku yang diwakili Kabid SMK, Ketua MKKS SMK Kota Ambon bersama Pengurus, Perwakilan dari Dunia Industri dan Dunia Usaha, Kepala-kepala Sekolah Menengah Kejuruan, Dunia Usaha/Dunia Industri, BPVP, BP3, Ketua Komite PT. BOSOWA, PT PELNI, Wakil Kepala SMK Neg 3 Ambon, Kepala-kepala Program Keahlian, Orang Tua dan Tamu Undangan Serta Siswa-siswi siswi Kls XII.

kegiatan Pelepasan Siswa-siswi Angkatan LVII Tahun Pelajaran 2023/2024 diisi dengan berbagai pementasan seni , berupa tari-tarian dan Vokal Grup yang dibawakan para siswa-siswi SMKN 3 Ambon.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku dalam sambutannya yang dibacakan Kabid SMK, Anisa mengatakan, Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia No 5 Tahun 2022 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Anak Usia Dini jenjang Pendidikan Dasar dan jenjang Pendidikan Menengah, dijelaskan  Standar Kompetensi Lulusan adalah Kriteria minimal tentang Kesatuan Sikap, Keterampilan, dan Pengetahuan yang menunjukkan capaian kemampuan peserta didik dan hasil pembelajaran pada akhir jenjang pendidikan.

Kriteria minimal itupun sudah dilewati siswa-siswi SMK Negeri 3 Ambon, dengan nilai yang memuaskan. Saya sangat bangga, dan Mudah-mudahan ilmu yang diberikan selama 3 tahun bisa menjadi anak tangga yang kokoh untuk menaiki tangga berikutnya.

Beberapa pesan penting yang perlu perhatikan untuk mencapai, Pertama: Tentukan target dan tujuan hidup kalian karena kesuksesan tidak datang dalam kehidupan seseorang. Kesuksesan merupakan sebuah proses yang terjadi dari berbagai rangkaian peristiwa.

Kedua: Jangan takut bermimpi dan wujudkan mimpi kalian. “Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS: 59:18).

Ketiga: Temukan nilai diri kalian karena setiap individu memiliki bakat dan potensi yang berbeda dalam diri masing-masing individu. Seorang yang sukses adalah mereka yang mampu melihat bakat dan potensi yang dimiliki serta mampu mengembangkan bakat dan potensinya tersebut.

Kadis menegaskan, Tiga tahun yang lalu kalian bertemu di SMK Negeri 3 Ambon, dan di tempat inilah kalian akan berpisah. Jagalah nama baik sekolah ini dimanapun kalian memijakkan kaki. Luapkan kegembiraan kelulusan dengan sujud syukur Insya Allah jika kita bersyukur akan diberi nikmat yang lebih besar.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMKN 3 Ambon, Nur Alydrus dalam sambutannya menyampaikan, terimakasih atas kehadiran dan dukungan pada acara perpisahan sekolah ini sehingga dalam waktu yang relative singkat acara perpisahan siswa siswi kelas XII SMKN 3 Ambon Tahun ajaran 2023/2024 ini dapat terlaksana.

Menurutnya, sejak diterima di SMKN 3 Ambon sebagai  siswa baru (PPDB) 3 tahun lalu, kemudian kalian dibina, diajarkan, dididik, dibimbing, diarahkan, diatur, hingga hari ini, kalian harus berpisah dengan kami para guru dan adik-adik kelas kalian.

“Mudah-mudahan saja ilmu yang diberikan selama 3 tahun bisa menjadi anak tangga yang kokoh untuk menaiki tangga berikutnya. Untuk selanjutnya kalian harus pergi lagi menuntut ilmu untuk menggapai cita-cita dan mimpi kalian, atau mencari pekerjaan dengan Skill dan Kompetensi yang Kalian Miliki selama 3 Tahun ini ke Dunia Industri dan Dunia kerja, Kalian Akan Menjadi anak-anak  sukses kelak, menjadi harapan keluarga,” Ungkap Alydrus.

Alydrus juga berpesan, jagalah nama baik sekolah dan almamater kalian. Selalu  Ingat Pengorbanan Orang Tua, mohonlah doa selalu dari mereka di setiap langkah-langkah kalian.

“Harapan saya, semoga kita semua dapat mencapai apa yang kita cita- citakan, agar SMKN 3 Ambon menjadi sebuah lembaga pendidikan yang dapat berkiprah tatanan regional maupun nasional,” Pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut diumumkan siswa yang berprestasi selanjutnya diberikan  piagam penghargaan kepada siswa berprestasi tersebut. (JR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.