Memaknai Hari Lahir Pancasila Oleh” Amos Laipeny, SH

oleh -716 Dilihat

MasarikuOnline.Com, Ambon – Hari Lahir Pancasila adalah peringatan yang dilakukan setiap tanggal 1 Juni untuk memperingati lahirnya Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia yang diresmikan pada tanggal 1 Juni 1945 dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Peristiwa tersebut menjadi tonggak sejarah penting dalam perumusan identitas nasional Indonesia.

Amos Laipeny,SH Memaknai Lahirnya Pancasila, untuk menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan tanpa memandang suku, ras, dan agama. Pengamalan nilai-nilai Pancasila dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik. Nilai-nilai Pancasila dapat diimplementasikan melalui sikap saling menghargai, menghormati, dan saling bekerja

Amos Yang Juga adalah Seorang Pengacara dan juga sebagai Aktivis Di Maluku mengatakan, Sebelum perumusan Pancasila, Indonesia telah mengalami masa penjajahan yang panjang, terutama oleh Belanda. Munculnya nasionalisme Indonesia yang kuat dan semangat untuk meraih kemerdekaan memicu pembentukan BPUPKI. BPUPKI bertugas merumuskan dasar negara yang akan menjadi landasan bagi Indonesia merdeka.

.Pancasila sebagai dasar negara Indonesia. Pancasila sendiri merupakan konsep yang mengandung nilai-nilai dasar yang mencakup:

Ketuhanan Yang Maha Esa: Keyakinan akan adanya Tuhan yang berkekuatan mutlak dan merupakan sumber dari segala kehidupan.

Kemanusiaan yang Adil dan Beradab: Menghormati martabat dan hak asasi manusia, serta mempromosikan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Persatuan Indonesia: Mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam keragaman suku, agama, ras, dan golongan.

Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan: Memastikan partisipasi aktif rakyat dalam proses pengambilan keputusan dan menjunjung tinggi kebijaksanaan yang timbul dari musyawarah dan perwakilan.

Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia: Mengusahakan keadilan sosial dan kehidupan yang merata bagi seluruh rakyat Indonesia.

Makna penting Hari Lahir Pancasila bagi bangsa Indonesia adalah sebagai simbol persatuan dan kesatuan, serta sebagai fondasi ideologis negara. Pancasila menjadi acuan bagi pemerintahan, pembangunan sosial, hukum, dan kehidupan masyarakat Indonesia secara umum. Pancasila juga menekankan pentingnya menjaga persatuan dalam keberagaman dan menghormati hak asasi manusia.

Peringatan Hari Lahir Pancasila bukan hanya sekadar upacara formal, tetapi juga merupakan panggilan untuk menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Hari Lahir pancasila Yang jatuh tepat tanggal 1 Juni bertepatan dengan Hari Ulang tahun Saya”Amos Laipeny.

Dengan memahami dan menerapkan makna penting dari Pancasila, bangsa Indonesia dapat memperkuat kebersamaan, persatuan, dan kemajuan menuju cita-cita bangsa yang adil, makmur, dan beradab.
Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024.Amos Laipeny, SH (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.