HUT Kodam XV/Pattimura Ke-67, Kodim 1504/Ambon Prakarsai Kegiatan Pembersihan DAS & Pantai Di Wilayahnya

oleh -420 Dilihat

MasarikuOnline.Com, Ambon – Dalam rangka HUT Kodam XV/Pattimura Ke 67 tahun 2024, Kodim 1504/Ambon memprakarsai pelaksanaan kegiatan karya bakti pembersihan daerah aliran sungai (DAS) dan pantai di delapan sektor lokasi sasaran di wilayahnya, kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Danrem 151/Binaiya yang terpusat di bawah jembatan merah putih (JMP) Ambon, Desa Galala, Kec. Sirimau, Kota Ambon. Rabu ( 22/05/2024)

Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Antoniho Rangel Dasilva, S.IP., M.Han., menyampaikan bahwa kegiatan karya bakti ini dilaksanakan dalam rangka memperingati hari ulang tahun Kodam XV/Pattimura ke-67, kegiatan yang kita laksanakan diantaranya anjang sana, kita melihat masyarakat yang membutuhkan sumbangan dalam bentuk sembako, kemudian ada bakti sosial kesehatan, kita memberikan pengobatan kepada masyarakat yang sakit, operasi katarak dan lain sebagainya.

Saat ini kita melaksanakan karya bakti pembersihan sampah di kota Ambon, salah satunya pembersihan daerah aliran sungai dan pantai, lokasi ini yang kita pilih, kita memilih lokasi pantai di bawah JMP Desa Galala ini karena pantai ini merupakan muara sampah dimana sampah selalu tumpahan di sini, sehingga kita membutuhkan sentuhan kebersihan.

Kebersihan itu adalah kesehatan bagi kita semua, maka kita memiliki salah satu program menyongsong HUT Kodam XV/Pattimura ke-67 kita melaksanakan pembersihan daerah aliran sungai dan pantai bersama komponen masyarakat lainnya, gabungan TNI AD, AL, AU aparat Kepolisian, khususnya adik-adik generasi muda di wilayah kita luar biasa, turut bersama-sama berkolaborasi untuk membersihkan pantai ini.

Kita bisa melihat sekarang dalam waktu 2 jam semuanya bersih, artinya inilah salah satu kebanggaan kita mencintai Maluku. jadikan Maluku adalah rumah kita, jadikan Maluku yang bersih Maluku yang bisa memberikan kenyamanan bagi seluruh masyarakat, juga di wilayah Maluku Utara secara regional maupun Nasional, dan Internasional kita bisa jadikan Maluku sebagai rumah bagi seluruh dunia, ungkap Danrem saat ditemui media.

Pada kesempatan yang sama Dandim 1504/Ambon Kolonel Inf Leo Octavianus MS, S.Sos, M.I.Pol mengatakan bahwa dalam kegiatan ini, Kodam XV/ Pattimura ini menggelar kegiatan karya bakti di seluruh wilayahnya dalam rangka merayakan HUT yang ke-67.

Kodam XV/Pattimura menyelenggarakan beberapa rangkaian kegiatan diantaranya kegiatan-kegiatan sosial, ada kegiatan pengobatan masal, anjang sana ke panti asuhan kemudian yang saat ini, saat ini kita sedang melaksanakan karya bakti secara serentak khususnya di bantaran pantai dan daerah aliran sungai di seluruh jajaran Kodam XV/Pattimura.

Dimana kegiatan dilaksanakan pada hari ini tanggal 22 Mei tahun 2024 sejak pukul 08.00 Wit sampai dengan selesai secara serentak baik di Maluku maupun Maluku Utara, khususnya yang di wilayah Kota Ambon terpusat di Desa galala ini. Kegiatan yang kita laksanakan di Desa Galala melibatkan semua unsur TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut (Marinir), Angkatan Udara, Kepolisian Polres Ambon, Brimobda Maluku, organisasi masyarakat, mahasiswa dan masyarakat yang ada di lingkungan sekitar. Peserta kegiatan ini berjumlah 450 orang, itu semua kita laksanakan serentak di seluruh jajaran Kodam XV/Pattimura, jelasnya Dandim.

Disela-sela kegiatan tersebut Pj. Wali kota Ambon Drs. Bodewin M.Wattimena MSi, tiba dilokasi, dalam kesempatannya ia menjelaskan Pemerintah Kota tentu memberikan apresiasi dan berterima kasih kepada jajaran Kodam XV/Pattimura secara khusus, Korem 151/binaya dan Kodim 1504/Ambon. Karena dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-67 kodam XV/Pattimura, jajaran Kodam XV/ Pattimura melakukan Karya Bakti yang meliputi banyak bidang, seperti bidang kesehatan, bidang Perumahan, bahkan bidang lingkungan hidup, kami patut berterima kasih karena misalnya hari ini kegiatan Karya Bakti yang dipusatkan di bawah JMP untuk membersihkan sampah-sampah yang ada pada muara sungai wairuhu Desa Galala ini sebenarnya adalah bukti bahwa TNI dekat kepada masyarakat dan kontribusinya dirasakan oleh Pemerintah Kota, karena memang hari ini kita dalam upaya bersama untuk bagaimana mengatasi persoalan sampah di Kota Ambon.

Apa yang dilakukan oleh jajaran TNI menggambarkan bahwa TNI selalu ada bersama dengan Pemerintah, ada bersama dengan masyarakat untuk memberikan karya yang terbaik bagi semua kita. Pemerintah Kota melihat bahwa kegiatan TNI hari ini Karya Bakti pembersihan sampah memberikan motivasi kepada kami selaku Pemerintah Kota supaya terus bersemangat untuk mengatasi persoalan utama yang pertama, juga memberikan motivasi kepada masyarakat bahwa ada kewajiban masyarakat untuk memberikan partisipasi menjaga lingkungan tidak membuang sampah sembarangan.

Supaya apa yang disampaikan oleh pak Danrem bahwa Maluku ini menjadi bersih, Kota Ambon menjadi bersih dan bisa menjadi rumah kita bersama yang nyaman, bagaimana kita mau nyaman kalau sampah ada di mana-mana.

Atas nama Pemerintah Kota Sekali lagi kami berterima kasih banyak kepada bapak Danrem 151/Binaiya, bapak Dandim 1504/Ambon, kami tidak bisa memberikan sesuatu kepada TNI tapi kami selalu percaya TNI ada untuk rakyat, TNI ada bersama Pemerintah untuk membuat Kota ini semakin baik. terima kasih banyak jajaran kodam XV/Pattimura dan saya atas nama Pemerintah Kota menyampaikan selamat memperingati hari ulang tahun Kodam XV/pattimura yang ke-67, tutup Bodewin.

Delapan sasaran lokasi pembersihan pelaksanaan karya bakti tersebar di wilayah Kodim 1504/Ambon, yang diantaranya berada di wilayah Kecamatan Sirimau, Nusaniwe, Teluk Ambon dan Baguala berlangsung tertib aman dan lancar dengan capaian hasil maksimal.

Hadir dalam kegiatan Para PJU Kodam XV/Pattimura, PJU Korem 151/Binaiya, Pj. Wali Kota Ambon, personel Kodim 1504/Ambon dan jajaran, Persit KCK Dim 1504, PD XV/Pattimura . (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.