Gebyar Ramadhan Keuangan Syariah : OJK Maluku Perkuat Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah di Ambon 

oleh -326 Dilihat

MasarikuOnline.Com, Ambon – Kantor OJK Provinsi Maluku terus bergerak meningkatkan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak untuk mendorong literasi dan inklusi keuangan syariah dengan mengoptimalkan momentum Ramadan 2024/445 Hijriah melalui program Gebyar Ramadan Keuangan Syariah (GERAK Syariah) 2024 yang merupakan kampanye nasional keuangan syariah selama Bulan Ramadan.

Rangkaian GERAK Syariah 2024 di Maluku diawali dengan kegiatan edukasi dan product matching di AKRAM Expo yang di selenggarakan pada tanggal 20 Maret 2024. Kegiatan tersebut berlangsung di Kebun Cengkeh, Kota Ambon dan dalam pembukaannya dihadiri oleh Kepala OJK Provinsi Maluku, Roni Nazra dan Penjabat Walikota Ambon, Bodewin Watimena.

Dalam sambutannya, Roni menyampaikan bahwa OJK senantiasa berkolaborasi dan bekerja sama dalam upaya meningkatkan indeks literasi dan inklusi keuangan syariah di Indonesia karena berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan 2022, indeks literasi dan inklusi keuangan syariah baru mencapai 9,14 persen dan 12,12 persen.

Kegiatan AKRAM Expo merupakan kegiatan yang digagas oleh komunitas Anak Complek (ACOM) Kebun Cengkeh. Kegiatan ini didukung penuh oleh OJK, Pelaku Usaha Jasa Keuangan Syariah (PUJKS) yang terdiri dari Bank Syariah Indonesia (BSI) Kantor Cabang Ambon dan Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Ambon, Tim Percepatan Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Ambon, dan tokoh agama penggerak keuangan syariah.

Penjabat Walikota Ambon, Bodewin pada pembukaan kegiatan tersebut menyampaikan bahwa Pemerintah Kota akan terus mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan literasi dan inklusi keuangan.

Kegiatan ini akan menjadi momen penting dalam merayakan bulan Ramadan yang penuh berkah, sekaligus meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang keuangan Syariah, sekaligus membuka ruang bagi usaha kecil dan menengah menjual produknya.

Selanjutnya, OJK Maluku juga menggelar kegiatan Literasi Keuangan Syariah, sebar takjil gratis, dan buka puasa bersama dengan penggerak keuangan Syariah, antara lain Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Ambon, pengurus Masjid Darul Hasanah, dan organisasi kepemudaan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah pada tanggal 27 Maret 2024.

Kepala Bagian Pengawasan Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi, Perlindungan Konsumen dan Layanan Manajemen Strategis OJK Maluku, Novian Suhardi hadir memberikan sambutannya pada kegiatan tersebut.

Novian menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari GERAK Syariah 2024 untuk meningkatkan literasi keuangan syariah dan berbagi kepedulian kepada masyarakat muslim yang menjalani ibadah puasa.

GERAK Syariah 2024 di Maluku ditutup pada tanggal 4 April 2024 yang juga diselenggarakan serentak di seluruh Kantor OJK se-Indonesia.

Kegiatan puncak GERAK Syariah di OJK Maluku berlangsung di Gedung Kantor OJK Maluku dengan mengundang seluruh pihak yang terlibat selama pelaksanaan GERAK Syariah 2024 dan mengajak kaum dhuafa untuk berbagi bingkisan lebaran.

Kepala OJK Provinsi Maluku, Roni Nazra menuturkan bahwa selama GERAK Syariah 2024 telah dilaksankan 5 kali kegiatan literasi keuangan Syariah yang diikuti 1209 orang. Sementara itu, selama GERAK Syariah 2024 PUJKS berhasil mengumpulkan 372 pembukaan rekening tabungan baru dan 9 pembukaan pembiayaan baru.

Roni mengapresiasi berbagai pihak yang telah terlibat mendukung dan mensukseskan GERAK Syariah 2024 dan berharap kegiatan yang sama akan kembali dilaksankan di tahun-tahun berikutya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.