Dorong UHC Kota Ambon, Ratusan Warga Terima Donasi JKN Dari Klinik Mata Ambon Vlissingen

oleh -324 Dilihat

MasarikuOnline.Com, Ambon – Badan Layanan Umum Daerah Unit Pelaksana Teknis Klinik Mata Ambon Vlissingen (BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen) merupakan sebuah klinik yang bergerak dalam bidang pelayanan kesehatan mata. BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen adalah hasil kerjasama sister city antara Kota Ambon dan Kota Vlissingen, Belanda yang berdiri di Kota Ambon sejak Bulan November 2013.

Di Bulan November tahun 2023 ini merupakan perayaan satu dekade BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen. Kegiatan ini juga menyuguhkan berbagai kegiatan yang menarik seperti lomba edukasi kesehatan mata di sosial media, pemeriksaan pasien prolanis, skrinning riwayat kesehatan, pemeriksaan seribu mata gratis, pemberian kacamata gratis, symposium kesehatan mata dan talk show kesehatan mata yang secara spesial dihadiri oleh Andy F. Noya (Kick Andy) yang juga merupakan ketua Komite Mata Nasional dan keturunan Ambon.

Selain itu, pada kesempatan yang sama, BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen memberikan Donasi Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk seratus jiwa warga Kota Ambon kepada BPJS Kesehatan Cabang Ambon.

Bantuan Donasi JKN diserahkan langsung oleh dokter gigi Wendy Pelupessy dan dokter Daniel J. Siegers selaku Kepala Klinik Mata Ambon Vlessingen kepada Kepala BPJS Kesehatan Kota Ambon, pada Sabtu (11/11/2023).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, dokter gigi Wendy Pelupessy berharap donasi JKN dapat membantu masyarakat JKN yang belum memiliki JKN.

“Semoga bantuan donasi JKN untuk seratus jiwa warga ini dapat bermanfaat,” ucap Wendy,

Wendy menambahkan bahwa Donasi dari BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen yang diberikan untuk masyarakat kurang mampu yang sebelumnya belum terdaftar dalam program JKN ini diharapkan dapat membantu Pemerintah Kota Ambon untuk memperluas cakupan peserta JKN.

Sementara itu, Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ambon, Saiyed Abdul Gaffar Assaqqaf menyampaikan ucapan terima kasih kepada BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen terkait bantuan donasi JKN tersebut.

Menurutnya, melalui Program donasi JKN, seratus jiwa warga di Pemerintah Kota Ambon telah dibayarkan iuran Program JKN selama satu tahun ke depan. Program Donasi JKN ini terdiri dari beberapa jenis yaitu Donasi Perorangan, Donasi Badan Usaha, dan Donasi Lembaga atau Badan lainnya.

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen yang telah berkontribusi dalam kegiatan donasi JKN. Hal ini bertujuan untuk memberikan donasi kepada masyarakat yang belum memiliki jaminan sosial kesehatan bisa memperoleh perlindungan jaminan kesehatan,” ujar Saiyed.

Saiyed juga berharap  dengan adanya donasi yang diberikan oleh BLUD UPT Klinik Mata Ambon Vlissingen, dapat dicontoh oleh badan usaha atau pihak lain.

“Tentu saja hal ini merupakan hal yang positif, dan semoga ada badan usaha lainnya juga bisa berinisiatif untuk ikut memberikan donasi JKN dan menanggung iuran JKN bagi warga yang kurang mampu di daerah Kota Ambon,” tutur Saiyed.

Disamping itu, Yayasan Kerjasama Vlissingen – Ambon (SSVA) Bob Latuheru, menjelaskan bahwa mereka datang dari Kota Vlissingen ke Kota Ambon untuk bekerjasama dan saling tolong-menolong dengan saudara-saudara di Kota Ambon.

“Kami sangat senang datang ke Kota Ambon ini, kami bisa saling membantu dan menolong saudara-saudara kami disini. Selama satu dekade bekerjama sama, tidak ada kami temukan kendala yang berarti. Semoga Kerjasama ini juga dapat diteruskan dalam bidang lain juga,” harap Bob.

Sebagai informasi, perjanjian Kerjasama Donasi JKN ini mulai berlaku pada tanggal 01 Desember 2023 sampai dengan 30 November 2024. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.