Cegah Kanker Leher Rahim Sejak Dini, Dinkes Kota Ambon Gelar Imunisasi Vaksin HPV

oleh -1258 Dilihat

MasarikuOnline. Com, Ambon – Dalam upaya pencegahan kanker leher rahim (serviks) bagi perempuan yang merupakan salah satu penyakit mematikan nomor dua setelah kanker payudara, Dinas Kesehatan kota Ambon menggelar imunisasi Vaksin HPV atau human papillomavirus vaccine yang berlangsung di SD AL – FATAH 1&2 Ambon, pada Rabu (16/08/2023).

Kepala Dinas Kesehatan kota Ambon, Wendy Pelupessy, saat ditemui media ini disela mendampingi Tim dalam melakukan imunisasi di SD AL -FATAH 1&2 Ambon mengatakan, untuk tahun ini Dinas Kesehatan kota Ambon telah melakukan upaya pencegahan kanker serviks atau kanker leher rahim yang diberikan kepada anak-anak perempuan sekolah dasar kelas , 5 dan 6.

“Hal ini perlu dilakukan kepada anak-anak perempuan, karena kita tahu kanker leher rahim (serviks) merupakan penyakit mematikan bagi perempuan nomor dua setengah kanker payudara,” jelasnya.

Pelupessy menjelasan, imunisasi Vaksin HPV diberikan kepada anak-anak perempuan kelas 5 dan 6, hal ini dimaksudkan agar sebelum mereka masuk di fase menstruasi.

“Berdasarkan hasil penelitian, vaksin HPV ini lebih efektif diberikan kepada anak-anak perempuan sebelum mereka masuk pada fase menstruasi agar dapat menghindari mereka dari yang namanya virus leher rahim (serviks),” ungkapnya.

Pelupessy menambahkan, pencanangan gerakan pemberian imunisasi Vaksin HPV secara nasional sudah berlangsung di Gorontalo, dan untuk kota Ambon hari ini berlangsung di SD AL-FATAH 1 &2, dan pada pada minggu kemarin telah dilakukan pada enam Sekolah Dasar yang ada di kota Ambon. (JR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.