Bulan Dies Natalis ke-60 Tahun Universitas Pattimura: Demokratisasi Kehidupan Masyarakat Desa Kepulauan Dalam Peningkatan Kesejahteraan

oleh -298 Dilihat

masarikuOnline com, Ambon ,-  Pencanangan Bulan Dies Natalis Universitas Pattimura ke-60 Tahun 2023 bertempat di pelataran Auditorium Universitas Pattimura. Hadir dalam acara tersebut Sivitas Akademika dan Tenaga Kependidikan Universitas Pattimura, pada Senin (03/04/2023).

Prof. Dr. Drs. Zainal Abidin Rengifurwarin, M.Si selaku ketua panitia menyampaikan dengan mengusung tema “Demokratisasi Kehidupan Masyarakat Desa Kepulauan Dalam Peningkatan Kesejahteraan” dimaksudkan untuk menderaskan arus demokrasi, bukan hanya pada tingkat kabupaten/kota saja tetapi juga kepada masyarakat desa/negeri setempat.

“Berbagai rangkaian kegiatan yang akan dilakukan diantaranya Kuliah Umum, Bedah Buku, Pameran Inovasi, Lomba Masak dengan melibatkan Sivitas Akademika Unpatti dan siswa SMA/SMK, Kebersihan Lingkungan hingga orasi ilmiah pada puncak Dies Natalis Universitas Pattimura ke-60 Tahun 2023”, ucap Prof. Rengifurwarin, M.Si.

Beliau berharap adanya partisipasi aktif dari berbagai elemen  termasuk masyarakat untuk terus menumbuhkan nilai-nilai demokrasi bagi kepentingan kesejahteran masyarakat di desa kepulauan.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum mengatakan, tema Dies Natalis    ke-60 Universitas Pattimura yakni Demokratisasi Masyarakat Desa Kepulauan Dalam Rangka Peningkatan Kesejahteraan, perlu dikaji secara ilmiah dan  didukung berbagai kegiatan yang akan mendorong implementasi dari tema tersebut sehingga dapat bermakna bagi pembangunan masyarakat desa/negeri yang ada di Provinsi Maluku.

Prinsip demokrasi hendaklah memerlukan keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan berbagai keputusan baik secara langsung maupun tidak langsung dengan melihat potensi sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang pengelolaannya diharapkan dilakukan secara seimbang, sehingga masyarakat bisa melakukan perubahan-perubahan secara signifikan menuju pada masyarakat desa/negeri yang sejahtera. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.