Bandara Pattimura Ambon bersama Maskapai TransNusa Akan Menjelajah Rute Baru  AMQ – MDC, dan Menambah Frekuensi Penerbangan pada Rute AMQ – SOQ

oleh -309 Dilihat

MasarikuOnline.Com, Ambon  – PT Angkasa Pura I Cabang Bandar Udara Pattimura Ambon menjalin kerjasama bersama maskapai TransNusa dan berencana untuk menjelajah rute baru Ambon – Manado, serta akan membuka penerbangan tambahan untuk Rute Ambon – Sorong. Demikian rilis yang diterima media ini, pada Jumat (15/03/2024).

Kedua rute ini dicanangkan akan dimulai sejak tanggal 05 April 2024, menghubungkan ibu kota Provinsi Maluku dengan ibu kota Provinsi Sulawesi Utara dan ibu kota Provinsi Papua Barat Daya, tanpa perlu transit di kota lain.

Untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang, tiket telah dapat dipesan melalui Aplikasi Online Travel Agent (OTA) dan juga melalui situs resmi TransNusa di transnusa.co.id, dengan harga tiket mulai dari Rp999K.

Penerbangan yang direncanakan, dengan tujuan Ambon – Manado dan Ambon – Sorong, menggunakan pesawat bertipe Comac ARJ21-700 dengan nomor penerbangan 8B-214 dan 8B-215 untuk rute Ambon – Manado, serta 8B-291 dan 8B-292 untuk rute Ambon – Sorong.

TransNusa sendiri merupakan maskapai pertama di Indonesia yang menggunakan pesawat buatan China tersebut. Pesawat Comac ARJ21-700 yang diproduksi oleh perusahaan Commercial Aircraft Corporation of China (COMAC) di Shanghai. Pesawat itu pertama kali dioperasikan oleh maskapai TransNusa di Indonesia sejak Desember 2022 silam, dan kini akan mendarat di Bandar Udara Pattimura, dan akan beroperasi setiap hari untuk rute Ambon – Manado dan 4x seminggu untuk rute Ambon – Sorong.

Pesawat COMAC ARJ21-700 TransNusa memiliki konfigurasi 3-2 lorong tunggal (single aisle) dengan kapasitas hingga 95 kursi dan menghadirkan interior modern serta futuristik, jarak antar kursi (seat pitch) yang luas, untuk memastikan penumpang merasa nyaman.

Selain itu, pesawat ini juga menyediakan ruang penyimpanan bagasi (compartment)yang bisa memuat barang bawaan hingga 8.900 kilogram dengan ruang yang cukup luas sehingga memudahkan penumpang mengatur barang bawaan. Keistimewaan spesifikasi pesawat COMAC ARJ21-700 juga terlihat dari lekukan sayap (sharklets) dari COMAC ARJ21-700 yang memiliki rentang hingga 27 meter serta didukung dengan dua mesin General Electric CF34-10A, untuk pesawat yang hanya memiliki dimensi panjang 33,5 meter dan tinggi 8,4 meter.

Jadwal penerbangan pulang pergi (PP) untuk kedua rute ini adalah sebagai berikut:

– Nomor terbang 8B-214: Berangkat dari Bandara Internasional Sam Ratulangi – Manado (MDC) pukul 12.30 Waktu setempat, tiba di Bandar Udara Pattimura Ambon (AMQ) pukul 14.50 Waktu setempat.

– Nomor terbang 8B-215: Berangkat dari Bandar Udara Pattimura Ambon (AMQ) pukul 15.15 Waktu setempat, tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi – Manado (MDC) pukul 15.35 Waktu setempat.

– Nomor terbang 8B-291: Berangkat dari Bandara Domine Eduard Osok – Sorong (SOQ) pukul 09.00 Waktu setempat, tiba di Bandar Udara Pattimura Ambon (AMQ) pukul 10.00 Waktu setempat.

– Nomor terbang 8B-292: Berangkat dari Bandar Udara Pattimura Ambon (AMQ) pukul 10.25 Waktu setempat, tiba di Bandara Internasional Sam Ratulangi – Manado (MDC) pukul 11.25 Waktu setempat.

General Manager Bandar Udara Pattimura Ambon, Shively Sanssouci, menyatakan, “kami akan terus berupaya meningkatkan konektivitas Kota Ambon dengan Kota lainnya sehingga dapat meningkatkan pengembangan pariwisata di Provinsi Maluku khususnya di Kota Ambon yang kita cintai bersama”

Melalui kerjasama yang terjalin, dan penambahan rute dan penerbangan yang baru ini, Bandar Udara Pattimura Ambon berkomitmen untuk terus memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan meningkatkan layanan di Bandar Udara Pattimura Ambon seperti penerbangan lainnya. Pihak operator Bandar Udara juga berharap rute Ambon – Manado dan Ambon – Sorong  ini akan memperkaya konektivitas udara dan mendukung pertumbuhan ekonomi dan pariwisata kedepannya. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.