Kasus DBD Di Negeri Rumahtiga Meningkat, Masyarakat Diminta Waspada

oleh -937 Dilihat

Masarikuonline.Com, Ambon – Kasus demam berdarah (DBD) sementara mewabah di daerah  Negeri Rumahtiga, kecamatan Teluk Ambon kota Ambon, hal ini dibuktikan dengan sudah ada 5 kasus yang dialami warga, diantaranya 2 balita, 1 anak dan 2 orang dewasa.

Kepala Puskesmas Rumahtiga, dr. Johan Norimarna  saat dikonfirmasi media ini melalui tenaga  medis bagian penanganan DBD, Fitriani Arsad, pada Senin (22/04/2024) mengakui bahwa memang sudah ada kasus DBD di wilayah Negeri Rumahtiga.

“Untuk penanganan kasus  kami langsung melakukan pemeriksaan di Puskesmas dan langsung turun melakukan Pemeriksaan Epidemiologi (PE) seperti pemeriksaan lingkungan, pemberian Abate,” Jelasnya.

Menurutnya, untuk setiap kasus DBD yang ditemukan itu langsung di laporkan ke Dinas Kesehatan kota Ambon.

Ditempat terpisah warga Negeri Rumahtiga, Jan Hatulesila kepada media ini mengatakan,  kasus DBD di Rumahtiga  sudah harus mendapat penanganan serius dari Dinas Kesehatan kota melalui Puskesmas Rumahtiga dengan sesegera mungkin mengambil tindakan, seperti fogging jangan sampai kasus DBD ini semakin mewabah di Rumahtiga.

“Kami minta Dinas Kesehatan kota untuk segera melakukan koordinasi dengan Puskesmas Rumahtiga untuk melakukan tindakan penanganan yang lebih serius, sudah ada beberapa kasus yang terjadi, jangan menunggu sampai ada korban jiwa,” pintanya.

Kepala Dinas Kesehatan kota Ambon, Wendy Pelupessy saat diwawancarai media ini beberapa waktu lalu mengatakan, penanganan DBD telah dilakukan sejak bulan Pebruari kemarin, hal ini berkaitan dengan pergantian musim.

“Teman-teman di tiap Puskesmas di kota Ambon sudah gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik di Mesjid-mesjid maupun di Gereja-gereja, kemudian melakukan Abate selektif pada daerah-daerah yang hampir setiap tahunnya ada kasus,” Jelas Pelupessy.

Pelupessy berharap kepada masyarakat untuk dapat melakukan tindakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) seperti menguras bak mandi, mengubur benda-benda  yang sering menampung air, seperti ban-ban bekas dll.

“Nyamuk  demam berdarah senang hidup di air yang bersih, seperti air genangan atau air  yang tertampung di barang-barang bekas, ini yang harus di bersihkan,” Ungkapnya.

Menurutnya, jangan terlalu berharap pada fogging untuk dapat membasahi nyamuk DBD, karena fogging itu hanya membunuh nyamuk dewasa, tetapi jentik-jentiknya yang ada tidak mati, ketika jentik-jentiknya tumbuh dewasa akan kembali mengigit orang. (JR).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.