Dandim 1504/Ambon Hadiri Rapat Koordinasi Forkopimda Provinsi Maluku

oleh -75 Dilihat

MasarikuOnline.Com, Ambon – Dandim 1504/Ambon Kolonel Inf Leo Octavianus MS, S.Sos, M.I.Pol hadiri Rapat Koordinasi Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Maluku, yang digelar di Hotel Santika Premiere Ambon, Selasa (11/06/2024).

“Sinergitas dan Kolaborasi Forkopimda dalam Rangka Mendukung Pilkada Serentak Tahun 2024 di Provinsi Maluku”, menjadi tema dalam rapat hari ini.

Rakor dipimpin langsung oleh Penjabat Gubernur Maluku, Dalam sambutannya, Ir. Sadali Ie, M.Si., IPU, mengajak semua pihak untuk Baku Kele mensukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Provinsi Maluku, Bumi Raja-Raja.

Penjabat Gubernur Maluku mengatakan, Forkopimda memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam membangun pola hubungan yang harmonis antar unsur Pimpinan di Daerah, guna mendukung pelaksanaan program kebijakan prioritas Pemerintah, Pembangunan Nasional, menjamin Iklim Investasi yang Kondusif, memelihara Stabilitas Politik dan Keamanan di Daerah, sinergitas hubungan Pusat dan Daerah serta peningkatan keselarasan langkah dan tindakan dalam penyelesaian permasalahan dengan mengedepankan upaya deteksi dini, cegah dini dan penanganan dini.

Dalam kegiatan tersebut, juga diisi dengan narasumber dari berbagai Instansi diantaranya Kapolda Maluku, Kasdam XV/Pattimura dan Aspidum Kajati Maluku.

Adapun materi yang dibawakan oleh Kasdam XV/Pattimura adalah , Peran TNI Dalam Menyukseskan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Provinsi Maluku. Pada kesempatannya, Kasdam mengatakan bahwa, pentingnya rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah ini, guna menjamin terlaksananya kegiatan Pilkada Serentak 2024 di Provinsi Maluku agar berjalan aman, lancar dan kondusif.

Yang pada intinya, Kodam XV/Pattimura siap mendukung dan memback-up Kepolisian, dalam menjaga kelangsungan dan keamanan Pilkada pada Bulan November mendatang.

Di lanjutkan dengan kegiatan Pencanangan Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih Tahun 2024, yang ditandai dengan Penyerahan Bendera secara simbolis dari Penjabat Gubernur Maluku kepada Bupati Walikota se-Maluku.

Hadir pula sejumlah Bupati/Walikota se-Maluku, Pimpinan KPUD dan Bawaslu Provinsi Maluku beserta Pimpinan KPUD dan Bawaslu Kabupaten Kota se-Maluku, Staf Ahli, Asisten Sekda dan Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Pimpinan Perguruan Tinggi, Pimpinan Lembaga Vertikal, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Maluku dan Kabupaten/Kota se-Maluku, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Adat, Pimpinan Ormas, OKP, LSM serta unsur terkait. (**)